Monday, 6 January 2014

Enam Langkah Mudah Kurangi Sampah Plastik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



Plastik dikenal sebagai sampah yang menjengkelkan, karena sulit untuk dilebur di dalam tanah. Tujuh langkah mudah di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi sampah plastik dan membuat lingkungan lebih sehat.
Bawa Tas Belanja Sendiri. Lebih dari satu juta kantung plastik digunakan setiap menitnya. Sementara satu kantung plastik membutuhkan waktu lebih dari 1.000 tahun untuk mampu diurai. Bawa sendiri tas belanja Anda, khususnya yang terbuat dari bahan katun.
Jangan Gunakan Sedotan. Meskipun terdengar sederhana, tidak menggunakan sedotan adalah cara yang termudah untuk mengurangi sampah plastik. Lebih baik lagi jika Anda membawa sendiri sedotan Anda, karena kini sudah tersedia sedotan yang terbuat dari stainless steel ataupun kaca.
Bawa Tempat Minum & Tempat Bekal Sendiri. Selain mampu menghemat penggunaan plastik, membawa minum dan bekal (yang ditempatkan di wadah) juga dapat menghemat kantong Anda.
Gunakan Popok Kain. Di Amerika saja, sekitar 7,6 miliar pon popok sekali pakai yang dibuang begitu saja setiap tahunnya. Dengan menggunakan popok kain, Anda dapat mengajarkan bayi Anda untuk menyelamatkan lingkungan, sekaligus menghemat uang.
Hindari Membeli Jus & Minuman Ringan Lainnya. Minuman yang Anda beli menggunakan botol plastik untuk penyimpanannya. Dengan mengurangi pembelian minuman-minuman ini, Anda dapat menyelamatkan bumi sekaligus menyehatkan tubuh Anda karena terhindar dari pemanis buatan dalam minuman ini.
Gunakan Kembali Wadah yang Ada. Setelah Anda membeli makanan atau benda berwadah plastik, jangan buang langsung wadahnya. Jika Anda membeli deterjen ataupun pewangi pakaian, maka Anda cukup membeli wadah plastiknya sekali saja. Selanjutnya, cukup isi ulangnya saja agar tidak banyak sampah plastik yang dihasilkan dari barang-barang ini.



Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments: