Sunday, 8 September 2013

J.K. Rowling Menulis Karena Cinta

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

J.K. Rowling terkenal sebagai penulis setelah Harry Potter diterbitkan. Tapi, sebenarnya, ia sudah mulai menulis sejak kecil. J.K. Rowling bahkan bercita-cita menjadi penulis sejak usia enam tahun.
Waktu itu, ia sudah menulis buku yang berjudul "Kelinci". "Aku biasa menulis di mana saja, kapan pun, dan dengan tangan," kata J.K. Rowling.
Jk Rowling
Di mana saja, kapan pun, Bu J.K. Rowling tidak pernah ketinggalan untuk menulis. Foto: wordpress
Sempat, lho, gara-gara kegemarannya menulis, ia diberhentikan dari pekerjaannya. Ceritanya begini: Ketika lulus dari universitas, J.K. Rowling bekerja sebagai sekretaris.
Tugas sekretaris itu, kan, mencatat hasil pembicaraan yang terjadi dalam rapat. J.K. Rowling malah tidak pernah mencatat dan asyik membuat cerita.
Tentu saja, ini membuat atasannya pusing. J.K. Rowling pun diberhentikan dari pekerjaannya. J.K. Rowling pernah ditanya, apa rahasia agar penulis muda bisa sukses seperti dirinya?
Ia memberi tips seperti ini: "Kuncinya menjadi penulis sukses hanya satu, ketekunan! Kalau kamu memilih menulis sebagai hobimu, maka cintailah hobimu itu dan bersungguh-sungguhlah menekuninya."
J.K. Rowling tak pernah bermaksud menuliskan cerita Harry Potter untuk anak-anak, tapi anak-anaklah yang memilihnya sebagai bacaan mereka.
Menurut J.K. Rowling, "Jika cerita yang kita tulis bagus, ia akan dibaca siapa saja." J.K. Rowling tak pernah berharap terkenal. Ia hanya berharap ceritanya bisa dicetak dan diterbitkan sebagai buku.
Cita-citanya adalah bisa melihat karyanya dipajang rapi di rak toko buku. Itu saja. Karena itu, ketika Harry Potter dicetak, ia girang sekali. (sumber : kidnesia)


Thank's for reading!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments: