Sunday, 8 September 2013

J.K. Rowling Menulis Karena Cinta

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

J.K. Rowling terkenal sebagai penulis setelah Harry Potter diterbitkan. Tapi, sebenarnya, ia sudah mulai menulis sejak kecil. J.K. Rowling bahkan bercita-cita menjadi penulis sejak usia enam tahun.
Waktu itu, ia sudah menulis buku yang berjudul "Kelinci". "Aku biasa menulis di mana saja, kapan pun, dan dengan tangan," kata J.K. Rowling.
Jk Rowling
Di mana saja, kapan pun, Bu J.K. Rowling tidak pernah ketinggalan untuk menulis. Foto: wordpress
Sempat, lho, gara-gara kegemarannya menulis, ia diberhentikan dari pekerjaannya. Ceritanya begini: Ketika lulus dari universitas, J.K. Rowling bekerja sebagai sekretaris.
Tugas sekretaris itu, kan, mencatat hasil pembicaraan yang terjadi dalam rapat. J.K. Rowling malah tidak pernah mencatat dan asyik membuat cerita.
Tentu saja, ini membuat atasannya pusing. J.K. Rowling pun diberhentikan dari pekerjaannya. J.K. Rowling pernah ditanya, apa rahasia agar penulis muda bisa sukses seperti dirinya?
Ia memberi tips seperti ini: "Kuncinya menjadi penulis sukses hanya satu, ketekunan! Kalau kamu memilih menulis sebagai hobimu, maka cintailah hobimu itu dan bersungguh-sungguhlah menekuninya."
J.K. Rowling tak pernah bermaksud menuliskan cerita Harry Potter untuk anak-anak, tapi anak-anaklah yang memilihnya sebagai bacaan mereka.
Menurut J.K. Rowling, "Jika cerita yang kita tulis bagus, ia akan dibaca siapa saja." J.K. Rowling tak pernah berharap terkenal. Ia hanya berharap ceritanya bisa dicetak dan diterbitkan sebagai buku.
Cita-citanya adalah bisa melihat karyanya dipajang rapi di rak toko buku. Itu saja. Karena itu, ketika Harry Potter dicetak, ia girang sekali. (sumber : kidnesia)


Thank's for reading!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Saturday, 7 September 2013

Learn Japanese

Assalamu'alaikum Wr. Wb.




Hajimemashite. Watashi wa Ibra desu. Yoroshiku onegai shimasu. (jepang. arti= Apa kabar? Saya Ibra. Senang bertemu Anda.)

Alohaa! Jumpa lagi.. Ibra kemarin dah nulis tentang award pertama blog ini kan? Sekarang Ibra mau nulis tentang kegiatan baru Ibra.
Ibra sekarang, selain sibuk mempersiapkan diri buat UN 2014, Ibra sedang belajar....

JRENG JRENG JRENG!!

BAHASA JEPANG!

Iya, serius! Ibra sebenarnya udah dari kecil pengin bisa bahasa asing. Tapi Ibra sendiri waktu itu gak niat-niat banget. Naah, beberapa bulan yang lalu, Ibra nonton acara KickAndy.
Bintang tamunya, Gayatri W. - Duta ASEAN asal Maluku. Gayatri baru berumur 16 thn, tapi prestasinyaa... bejubel! Dia sering diundang jadi pembicara di forum-forum internasional, terus yang paling hebat, Gayatri telah menguasai 13 bahasa asing!
Diantaranya ada bahasa : Inggris, Jepang, Hindi Nepal, Arab, Spanyol, dan Mandarin. Woow.. di usianya yang masih muda, udah bisa 13 bahasa asing (tak hanya pengucapan, tapi juga tulisan). ckckck.
Ibra termotivasi banget. Apalagi, usia Ibra masih 14 tahun. Ibra harus lebih hebat dong. Kalau Gayatri bisa, kenapa Ibra gak bisa? Kalian juga harus bisa!

Naah.. pokoknya sejak saat itu Ibra niatin diri buat belajar bahasa asing. Bahasa pertama yang terlintas di benak Ibra buat dipelajari waktu itu adalah.. PERANCIS! Kenapa? Gak tau!!
Tapi pas baca buku pembelajaran bahasa Perancis Ibra langsung nyeraah. Ibra ngerasa bahasa Perancis susah dipelajari.
Habis tu, Ibra ganti bahasa Inggris. Ibra nyerah juga. Ibra pusing di bagian Present Tense, Past Tense.. Ibra gak mudeng. Akhirnya Ibra beralih ke bahasa Korea. Disini Ibra mulai niat.
Secara, Ibra suka nonton K-drama dan Ibra benci nonton K-drama yang pake subtitle. Merusak pemandangan (:P)! Ibra juga punya cita-cita nerbitin novel romance berlatar Korea.

Sampe sekarang sih.. Ibra udah lumayan menguasai beberapa kosakata dan percakapan sederhana. Kata favorit Ibra : Saranghae, Oppa, Yeoboseyo! Tapi berhubung kurangnya "fasilitas", terutama sejenis aplikasi pemeriksa grammar.. Ibra jadi beralih ke bahasa Jepang.

Naah, di bahasa Jepang inilah, Ibra benar-benar serius! Apalagi, "fasilitas"nya lumayan memadai. Ibra belajar secara otodidak.. lewat buku, e-book, internet, novel, komik, dll.
Pokoknya, doain aja ya biar Ibra cepet faseh berbahasa Jepang..


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Lomba Blog

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Lama tak update ni blog.. Ibra sibuk akhir-akhir ini. Sekarang, Ibra udah kelas 9, bentar lagi mau UN. Banyak persiapan yang mesti Ibra lakukan.
Oya, di kelas 9 ini, Ibra masuk kelas 9C! Dan kalau kalian mengunjungi blogku beberapa waktu yang lalu, kalian bakal lihat tampilan ni blog, beda banget.
Beberapa waltu yang lalu aku ikut LOMBA BLOG tingkat PELAJAR & UMUM! Temanya "Pekalongan Menuju Kota Kreatif Dunia". Jadi, Ibra ganti template Ibra dengan tema itu.
Artikel juga! Dan alhamdulillah, usaha Ibra membuahkan hasil yang lumayan.. Ibra dapet Juara III Kategori Pelajar. Horaay! Ibra dapet piala, piagam penghargaan sama uang tunai.
Uangnya Ibra pakai buat beli novel (hehe.. :P). Dan itu artinyaa... untuk pertama kalinya, blog INI mendapat award!! *Yip yip hura huraa.. Hura hura.. Uuu*.

Penyerahan hadiahnya di Ruang Amarta Pemkot Pekalongan. Di sana sekaligus diadakan Resepsi HUT RI yang ke-68. Waktu penerimaan hadiah Ibra ketemu bapak walikota Pekalongan (Pak Basyir Ahmad) beserta istri. Ibra juga ketemu beberapa pejabat kota.
Pas penyerahan hadiah, pak Basyir tanya sama Ibra : "Sekolah dimana?". Ibra jawab, "SMP 2,". Habis itu beliau ngucapin selamat dan mejabat tangan Ibra.

Ibra sendiri gak tau (atau mungkin lupa) Ibra pernah ketemu langsung pak Basyir atau tidak, tapi kayaknya belum pernah deh. Jadi bisa dibilang itu pertemuan langsung pertama Ibra dengan pak basyir.
Tapi katanya, Ibra pernah berobat di Pak Basyir (beliau dokter). Tapi kan itu bukan acara formal, jadi bisa dibilang.. apa yaah.. Gak tau, Ibra sendiri pusing.

Oke, sekian dulu ya cerita Ibra. Oh ya, kalau kalian baca Suara Merdeka tgl 22-8-2013, disana ada berita tentang lomba blog itu.
PS : habis ini Ibra mau bikin tab menu AWARD dan ibra mau berusaha agar blog ini dapet banyak award sehingga makin dikenal orang. Doain ya..

Ja mata ne! Domo arigato.. :))


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb