Sunday, 7 July 2013

Kampoeng Batik Kauman

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kampoeng Batik Kauman merupakan salah satu sentra kerajinan batik di Pekalongan yang diharapkan menjadi icon Kota Pekalongan sebagi Kota Batik. Secara sosial, budaya dan ekonomi kemasyarakatan, Kelurahan Kauman memang salah satu Kelurahan di Pekalongan yang memiliki banyak pengusaha dan pengerajin batik yang terkenal baik nasional mapun terkenal sacara internasional. Kehadiran wisatawan lokal dan asing di Kelurahan Kauman sudah sejak lama mewarnai keseharian Kelurahan tersebut. Keberadaan Kelurahan Kauman di tengah – tengah Kota Pekalongan strategis dari akses pusat ekonomi ( pasar ), perhotelan dan kantor pemerintahan kota juga merupakan salah satu faktor pendukung Kelurahan Kauman dijadikan Kampung Batik sebagai icon Kota Pekalongan.
Kelurahan Kauman sendiri sudah memasuki generasi ke 3 dari kegiatan ekonomi dan kerajinan batik. Hal ini ditandai dengan banyak pengerajin dan pengusaha batik muda di Kelurahan Kauman. Selain itu Batik Kauman mempunyai ciri khas yang tidak dimilki oleh beberapa daerah di Pekalongan dan sekitarnya.
Dari generasi pertama hingga generasi ke tiga sekarang ini, kegiatan sosial, ekonomi dan kebudayaan perbatikan di Kelurahan Kauman pada khususnya dan Kota Pekalongan pada umum masih dikelola dengan sistem kekeluargaan dan tradisional, walaupun sebagian sudah mulai memanfatkan manajemen dan teknologi modern. sumber

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments: