Friday, 21 June 2013

Siapkah Kota Pekalongan menggunakan kata World ?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Semarang 09/08/2011 - Dalam seminar nasional ‘Membangung City Branding Kota Semarang’ yang diselenggarakan oleh Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang turut dibahas sedikit mengenai city branding dari Kota Pekalongan. Seminar ini menghadirkan empat pembicara, yakni Drs. H. Soemarmo HS, M.Si. (Walikota Semarang), Ir. Joko Widodo (Walikota Solo), Prof. Ir. Eko Budihardjo, MSc (Pakar perkotaan, Guru besar Undip) dan Kukrit Suryo Wicaksono (Ketua Kadin Jateng, CEO Suara Merdeka).

Prof.Eko menyinggung sedikit mengenai city branding Kota Pekalongan : Pekalongan World’s City of Batik dinilai terlalu dini untuk bersaing dalam kancah internasional. Pasalnya batik bukan hanya saja milik Pekalongan, bukan hanya milik Indonesia. Banyak kota-kota di dunia yang juga memiliki batik, coba tengok ke Venezuela, Rio de Jenairo, dan kota lainya di dunia, mereka juga mempunyai kain khas dengan teknik pewarnaan sama dengan teknik lilin pada batik. Alangkah baiknya jika berbenah diri terlebih dahulu, menata kota, mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Untuk dapat melangkah dalam dunia internasional, sebuah kota paling tidak harus memperhatikan dua hal; sistem transportasi dan akomodasi. Untuk itu jangan terburu-buru, bersaing dulu dengan Solo dan Yogyakarta, imbuhnya.

Hal tersebut dapat bercermin pada sebuah kisah; alkisah, dalam sebuah gang sempit terdapat tiga penjahit ulung, penjahit 1 memasang slogan ‘penjahit terbaik di dunia’. Penjahit 2 lebih rendah hati dengan memasang slogan ‘penjahit terbaik di Indonesia’. Sedangkan penjahit 3 hanya memasang slogan ‘penjahit terbaik di gang ini’.

City branding bukan hanya kata-kata yang enak didengar dan mudah diingat yang muncul dari 1-2 orang birokrat. City branding muncul dari masyarakat, dari kemajemukan potensi sebuah kota, sehingga city branding dapat memberikan manfaat bagi semua golongan dan masyarakat mempunyai rasa memiliki atas hal tersebut.


Thank's for reading and, bye for now! :D 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments: