Friday, 21 June 2013

Kembang Sepatu, Mawar dari China

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

  • Kembang Sepatu, Mawar dari Cina
    Kembang Sepatu, Mawar dari Cina


Apakah bunga ini berbentuk sepatu sehingga dinamaibegitu? Ternyata tidak. Nama yang unik ini muncul, karena di beberapa tempat(India, Jamaika, Afrika) kembang sepatu digunakan untuk menyemir sepatu.
Kembang sepatu adalah tanaman semak yang indah. Namalatin bunga ini adalah HibucusRosa-Sonesis , yang artinya mawar Cina. Ya, bunga ini memang berasal dariCina, Asia Timur, dan negara-negara Asia Pasifik. 
Kembang sepatu banyak ditanam di daerah tropis dansub tropis. Di daerah tropis atau di rumah kaca, kembang sepatu bisa berbungasepanjang tahun. Sedangkan di daerah sub tropis, tanaman ini berbunga di musimpanas hingga musim gugur.

Kembang sepatu punya banyak warna seperti merah,merah tua, kuning, pink, oranye, krem, dan putih. Bunganya berbentuk terompetdan tidak berbau.Aneka Warna
Kelopaknya 5, lebarnya sekitar 10-12 cm. Kelopakbunga punya banyak bentuk, seperti kincir angin, roda, jambul burung, danlain-lain. Putiknya menjulur ke luar dari dasar bunga.
Pohon kembang sepatu bisa tumbuh setinggi 2-5 meter.Tanaman ini bisa menjadi pohon peneduh, dan karena cantik, sering dijadikantanaman hias.
Namayang Berbeda
Pohon bunganya sama, namun namanya berbeda. Ini dianama-nama kembang sepatu di berbagai daerah : bungong raya (Aceh), bungaraya (Sumatera dan Malaysia), soma-soma (Nias), bunga-bunga (Sumatera Utara),kembang were (Jawa Barat), dan kembang worawari (Jawa Tengah).
Apa nama kembang sepatu di daerahmu?


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments: