Sunday, 24 November 2013

Resensi Novel Harry Potter dan Batu Bertuah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Berawal dari Seekor Sapi
oleh Vivian Ibra


Judul buku                  =          Harry Potter and the Sorcerer’s Stone
Harry Potter dan Batu Bertuah
Pengarang                   =          J. K. Rowling
Penerbit                       =          PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku                  =          384 halaman
Tahun terbit                 =          2000
Harga buku                 =          Rp. 42.000

Buku Harry Potter dan Batu Bertuah mungkin bisa menjadi salah satu contoh nyata bahwa ide bisa datang dari mana saja. Dari teman, keluarga, lingkungan sekolah, film kartun, bahkan juga dari seekor SAPI !!
Harry Potter dan Batu Bertuah yang merupakan novel pertama J. K. Rowling, penulis kelahiran 31 Juli 1965, idenya di dapat ketika ia sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat di Inggris. Kala itu, kereta yang ditumpanginya mogok. Untuk menghilangkan kejenuhan Rowling pun “melirik” ke arah jendela dan mendapati pemandangan seekor sapi yang sedang asyik merumput. Nah, dari situlah ide cerita Harry Potter muncul.
Cerita Harry Potter dan Batu Bertuah dimulai dengan menceritakan kehidupan Mr. dan Mrs. Dursley, suami-istri yang tak percaya dengan segala sesuatu yang ajaib/misterius. Pada suatu pagi, Mrs. Dursley dikejutkan dengan adanya bayi tergeletak di depan pintu rumahnya.
Bayi itu bernama Harry Potter, satu-satunya manusia yang berhasil selamat dari kutukan maut penyihir paling kejam dan ditakuti sepanjang masa, Lord Voldemort, yang saat itu hendak membunuh Harry tapi kutukan yang ia lontarkan malah berbalik menyerang dirinya sendiri. Kekuatan Voldemort punah. Itulah yang menyebabkan ia menghilang.
Suatu hari, Harry mendapat surat misterius yang dibawa oleh burung hantu. Surat yang tanpa Harry sadari, akan membawanya pada suatu kenyataan. Kenyataan bahwa Voldemort kembali muncul dan satu-satunya orang yang bisa mengalahkan Voldemort adalah.... Harry Potter sendiri.
Harga novel ini bisa dibilang cukup mahal, meskipun rasanya hal itu sepadan dengan pelajaran yang akan kita dapat dari novel ini. Dalam novel ini, J. K. Rowling banyak mengajarkan kebaikan pada orang-orang di seluruh dunia. Semangat, harapan, kasih sayang, serta persahabatan dan CINTA yang ditunjukkan oleh Harry Potter benar-benar menyentuh. Ia anak yatim piatu yang tabah dan berani dalam menghadapi berbagai cobaan.
Oleh karena itu, novel ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mudah putus asa dalam menjalani kehidupan. Karena tentunya Anda tak mau kalah dari anak 11 tahun kan? Novel ini juga sangat disarankan bagi Anda yang menyukai segala hal yang berbau “sihir”. Dijamin, Anda akan sangat puas setelah membaca novel ini.
Gaya bahasa yang unik, mudah dicerna dan lugas membuat buku ini cocok dibaca untuk segala usia. Selain itu, kekuatan deskripsi J. K. Rowling benar-benar luar biasa. Ia mampu membuat pembaca ikut tersedot ke dalam ceritanya.
Novel serial yang telah diadaptasi ke film layar lebar ini terdiri atas 7 seri. Dimulai ketika Harry berusia 11 tahun (Harry Potter and the Sorcerer’s Stone – 1997), Harry Potter and the Chamber of Secret (1999), Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (1999), Harry Potter and the Goblet of Fire (2000), Harry Potter and the Order of the Phoenix  (2003), Harry Potter and Half-Blood Prince (2005) dan berakhir pada buku Harry Potter and the Deathly Hallows (2007) yaitu saat Harry berusia 17 tahun.



Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Saturday, 2 November 2013

Cara Menghapus Video Dari Daftar Favorit YouTube Kamu

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
YouTube adalah sebuah situs yang memungkinkan Anda untuk menonton berbagai video yang pengguna lain telah meng-upload – atau bahkan meng-upload video kamu sendiri untuk orang lain untuk menonton.

Kamu juga bisa menjadikan video tertentu sebagai video favoritmu. Ini adalah salah satu cara mudah untuk menyimpan video yang mungkin ingin ditonton lagi suatu saat. Tapi, ketika selera berubah, beberapa video favorit kamu mungkin tidak termasuk dalam daftar favorit ini lagi.

Naah,, gimana caranya menghapus suatu video dari daftar favorit?? Cekidot..

1. Masuk ke akun YouTube kamu.
2. Klik nama pengguna YouTube di bagian kanan atas halaman. Muncul daftar pilihan, klik “Video”.
3. Setelah itu, klik “Favorit” untuk menampilkan daftar semua video favoritmu.
4. Klik “Hapus” tombol di atas daftar favorit.

Mudah kan? Yang belum bisa,, tanya ya:)

Thank's for reading and, bye for now!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Friday, 18 October 2013

Cara Benar Mengecas Beterai

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Cara Benar Mengecas Beterai
Cara Benar Mengecas Beterai
Berbagai perangkat pintar seperti notebook, tab, kamera digital, dan smartphone membutuhkan baterai untuk bisa digunakan.
Nah, biar baterai awet, kita mesti bisa merawatnya dengan benar. Bagaimana caranya?  Ternyata, kuncinya adalah pada cara mengecas (charge) . Mau tahu caranya?
Gunakan charger  (alat pengisi ulang) yang sesuai atau bawaan. Paling tidak yang sama merek dan tipe.
Jangan ditinggal pergi atau tidur saat mengecas baterai. Sering-seringlah diperiksa, apakah baterai sudah penuh atau belum? Hindari mengecas baterai sampai penuh. Kalau sudah penuh, segera cabut charger, karena kalau terus dibiarkan akan membuat baterai cepat rusak.
Mengecas sebaiknya dilakukan ketika baterai masih tersisa setengah (50 persen). Jangan mengecas ketika baterai baru terpakai sedikit. Juga jangan biasakan mengecas waktu baterai sudah sangat kritis.
Setiap 3 bulan sekali, pakai baterai sampai habis, lalu cas sampai penuh. Tujuannya agar alat yang ada dalam baterai bisa berfungsi dengan baik.  


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Thursday, 17 October 2013

8 Waktu Terbaik untuk Otak

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Banyak yang menduga hanya energi atau berat badan yang dapat berfluktuasi selama satu hari. Padahal otak manusia juga memiliki irama tersendiri dan ada waktu-waktu terbaiknya. Kapan saja waktu brilian untuk melakukan aktivitas tertentu? Seperti dikutip dari Health.MSN, Senin (4/10/2010) ada 8 waktu tertentu yang mana seseorang bisa menjadi brilian dalam melakukan tugas-tugasnya, yaitu:

1. Jam 7-9 pagi : Saat terbaik untuk meningkatkan semangat dan gairah “Waktu tersebut merupakan saat yang sempurna untuk meningkatkan ikatan dengan pasangan ketika baru bangun tidur,” ujar Ilia Karatsoreos, PhD, ahli saraf dari Rockefeller University. Hal ini karena kadar hormon oksitosin (hormon cinta) berada di level tertinggi setelah bangun tidur. Waktu ini merupakan saat yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup. Peneliti Inggris menuturkan bahwa kadar oksitosin pada laki-laki akan berangsur-angsur menurun seiring berjalannya waktu.

2. Jam 9 pagi sampai 11 siang : Saat terbaik untuk kreativitas Pada waktu tersebut otak memiliki hormon kortisol (hormon stres) yang cukup, sehingga dapat membantu memfokuskan pikiran dan hal ini tidak dipengaruhi oleh usia berapapun. Saat ini merupakan waktu yang prima untuk belajar serta mengerjakan tugas yang membutuhkan analisa dan konsentrasi. Karena itu saatnya mengembangkan ide baru, membuat presentasi atau melakukan brainstorming.

3. Jam 11 sampai jam 2 siang : Saat terbaik untuk melakukan tugas yang sulit Peneliti Jerman menuturkan saat tersebut hormon melatonin (hormon tidur) telah menurun tajam, sehingga tubuh lebih siap untuk mengerjakan beban proyek atau pekerjaan yang sulit dan keras. Namun sebaiknya tetap tidak melakukan beberapa tugas secara bersamaan, karena akan membuat seseorang kehilangan konsentrasi. Karena itu saatnya melakukan presentasi atau melakukan tugas yang berat lainnya.

4. Jam 2-3 siang : Saat terbaik untuk beristirahat Untuk mencerna makan siang, maka tubuh akan menarik darah dari otak ke perut, kondisi ini akan membuat asupan darah atau oksigen ke otak sedikit berkurang yang membuat seseorang jadi mengantuk. Untuk itu cobalah beristirahat sebentar dari pekerjaan. Jika tetap harus bekerja dan melawan kantuk, cobalah berjalan-jalan sebentar, melakukan meditasi atau minum air putih. Hal ini bisa meningkatkan volume vaskuler dan sirkulasi sehingga meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Jam 3 siang sampai 6 sore : Saat terbaik untuk kolaborasi “Pada saat sekarang otak akan merasa sangat lelah,” ujar Paul Nussbaum, PhD, seorang neuropsikolog klinis. Karena itu tak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan kegiatan yang berbeda. Meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya, tapi seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.

6. Jam 6 sore sampai 8 malam : Saat terbaik untuk melakukan tugas-tugas pribadi diantara jam tersebut, peneliti menemukan bahwa otak sudah masuk dalam tahap ‘pemeliharaan’, yaitu ketika produksi melatonin masih berada di level rendah. Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan seorang diri atau bersama teman-teman, menyiapkan makan malam atau menikmati waktu yang berkualitas bersama anggota keluarga.

7. Jam 8-10 malam : Saat terbaik untuk bersantai Pada saat ini ada transisi dari kondisi terjaga menjadi mengantuk, karena kadar hormon melatonin akan meningkat cepat. Sementara itu kadar serotonin (neurotransmitter yang berhubungan dengan semangat) akan memudar. Rubin Naiman, PhD spesialis masalah tidur dari University of Arizona’s Center for Integrative Medicine menuturkan sekitar 80 persen serotonin akan dirangsang dari paparan sinar matahari, sehingga jika matahari tenggelam kadar dalam dalam tubuh juga berkurang. “Pada malam hari ketika otak sudah lelah, merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh menjadi santai seperti menonton film lucu, merajut atau melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh santai atau rileks,” ujar Naiman.

8. Jam 10 malam ke atas : Saat terbaik untuk tidur dan menuda segala kegiatan Saat ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur, pengaturan cahaya akan dapat membantu membiarkan otak beristirahat. Setelah beberapa jam, otak akan siap kembali untuk memulai aktivitas baru. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak 7-8 jam, sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.


sumber : sini

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

2 Kontestan X Factor USA Nge-Follback AKU !!

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yaaaa!! Seneng banget!
Akhirnya 2 kontestan favoritku di X Factor USA season 3... NGE FOLLBACK AKU!
yang pertama itu DANIE GEIMER dari kategori GIRLS dan Girls United dari kategori GROPUS.
Duuh.. senengnya. Alhamdulillah :D

Ceritanya gimana sih, kok bisa di follback? Aku juga gak tau. Pokoknya aku buka-buka website X Factor USA. Disana ada alamat twitternya para kontestan, trus aku follow kontestan yang jadi favoritku (Favoritku : Danie Geimer, Girls United, Al Calderon, Rylie Brown). Trus aku mention ke mereka minta follback. Eehh.. gak taunya di follback beneran!



Tapi ada satu hal yang bikin aku kaget! Vice (dia itu personelnya Wild Thingz, kontestan X Factor USA GROUPS) nge-follow aku! Padahal aku gak follow dia. Orang aku itu gak suka sama Wild Thingz. Ckckck.. aneh banget ya. Jadi, akhirnya aku ngefollow dia, biar dia gak unfoll aku karena gak ngefollback.

Yaa.. sekian dulu deh postinganku kali ini. Moga gak bosen baca!


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tuesday, 15 October 2013

Kami Ada Di Sekitar Tubuhmu

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Di Kepala
Kepala punya banyak bakteri. Pernah melihat serpihan putih di kepala? Itu namanya ketombe. Biasanya, ketombe dan jamur bisa membuat kepala gatal. Nah, kalau kamu jarang keramas, bakteri, ketombe, dan jamur bisa berkembang biak di kepalamu. Hiii...

Di Mulut
Mulut itu tempat favorit bakteri. Apalagi, bakteri suka sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi. Nah, jika kamu jarang berkumur dan menyikat gigi, maka bakteri betah tinggal disitu! Akibatnya, gigimu bisa berlubang dan mulutmu jadi bau.

Di Lambung dan Usus
Bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita, semuanya akan mati oleh asam lambung. Eits, tetapi masih ada, lo, bakteri yang hidup di lambung. Biasanya bakteri ini menyebabkan radang lambung atau maag. Selain lambung, usus juga menjadi tempat favorti bakteri. Sepertiga jumlah kotoran yang dikeluarkan usus adalah kumpulan bakteri.

Di Tangan
Dengan tanganlah kita memegang segala sesuatu. Hmm, yakinlah kamu kalau benda-benda itu bebas bakteri? Meski terlihat bersih, ternyata di tangan kita ada ribuan bakteri. Apalagi di bawah kuku tangan kita.

Di Kaki
Sama seperti tangan. Bakteri kaki biasanya banyak terdapat di bawah kuku kaki. Nah, bakteri di telapak kaki juga tidak terlihat oleh mata. Apalagi, kalau kamu jarang mencuci kaki setelah memakai sepatu. Bakteri juga bisa membuat bau kaki.


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Negative Thingking Juga Perlu

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Banyak orang berpikir bahwa dalam segala hal kita harus selalu positive thinking. Ibuku pernah bilang padaku, jadi orang itu harus SELALU dan SELALU berpikiran positif. Jangan pernah berburuk sangka pada orang lain. Mungkin beberapa dari kalian juga berpikiran sama.

Oh ya, aku sempet dengerin radio. Acara LOVE MOTION di 103.80 FM Pekalongan. Waktu itu, penyiarnya Princess Agid. Dia bilang, kalau dalam urusan asmara, kita perlu negative thingking. Terutama buat yang LDR-an. Alasannya? Agar kita waspada. Dengan berpikiran negatif terhadap kekasih kita, kita jadi curigaan terutama kalau kekasih kita menunjukkan tanda-tanda bahwa ia berselingkuh. Gitu kata Princess Agid.

Aku setuju banget sama perkataan Princess Agid. Mulai saat itu juga, aku berpikir bahwa jangan selalu positive thingking. Negative thinking juga perlu. Bukan hanya untuk urusan asmara. Dalam segala urusan negative thingking amat diperlukan.

Aku pernah baca novel (judulnya aku lupa), ada seorang cewek namanya X. Dia jilbabers. Imannya kuat. Dan pas dia naik bis A, kebanyakan penumpang bis A itu laki-laki. Terus dia lihat di pojok ada penumpang cewek yang ake jilbabnya lebar banget. Terus juga pake cadar.

Si X duduk di sebelah cewel cadar itu dan mereka cepet akrab. Terus si cewek cadar nawarin minuman dan si X langsung nerima dengan alasan udah kenal (padahal baru aja kenal) dan si yang nawarin itu berjilbab. Ternyata di minuman itu ada obat tidur dan akhirnya X ketiduran. Pas bangun, cewek cadar udah gak ada dan dompet serta HPnya X ilang. Intinya akhirnya si X sadar kalau cewek cadar tadi itu pencopet.


Anyway, banyak hikmah dari kisah itu. Positive thingking itu perlu. Tapi negative thingking juga perlu. Tul kan?

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Fakta Unik dari Film Twilight

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Seri film twilight :

1. Twilight
2. New Moon
3. Eclipse
4. Breaking Dawn part 1
5. Breaking Dawn part 2

            Di balik kisah percintaan vampir dan manusia ini, ada beberapa fakta menarik. Dikutip dari berbagai sumber, ini kisah serunya!

1. Stephanie Mayer, sang penulis, kepingin ikutan muncul juga di film Twilight : Breaking Dawn. Coba perhatikan saat Bella dan ayahnya makan di restoran. Nahh, dia ada di sana tuh. Stephanie Mayer mendapat ide 'Twilight' dari mimpi. Pada suatu malam, ia bermimpi melihat seorang lelaki dan perempuan di sebuah padang rumput.

2. Semua pemain yang berperan sebagai vampir dilarang terkena matahari selama beberapa waktu agar make up artist lebih mudah mendandani mereka. Mungkin, supaya kulit mereka terlihat pucat layaknya penghisap darah.

3. Awalnya, Robert didandani memiliki rambut panjang untuk memerankan Edward. Namun akhirnya kembali ke potongan rambut semula yang pendek. Sebaliknya, Kristen Stewart harus hair extenstion agar rambutnya terlihat lebih panjang untuk perannya sebagai Bella Swan, padahal ia baru saja memotong pendek rambutnya untuk perannya di film 'Runaways'

4. Aktris Kristen Stewart memiliki mata berwarna hijau. Untuk mencocokkan karakter Bella, ia juga harus mengenakan lensa kontak berwarna cokelat.

5. Sebelumnya, David Slade pernah bilang bahwa dirinya tidak akan menggarap film 'Twilight'. Namun David sepertinya harus menjilat ludahnya sendiri. David yang sukses dengan film '30 Days of Night' pun berdalih saat itu ia hanya bercanda (*Masak sih?). Sebelum David Slade, sempat berhembus kabar aktris Drew Barrymore akan mengisi posisi sebagai sutradara 'Eclipse'.

6. Ada 5000 orang ikut audisi sebelum akhirnya Robert Pattinson terpilih memerankan Edward Cullen. Dan, untuk peran ini, kabarnya Robert rela terbang dari Inggris hanya unyuk audisi.

7. Aktor muda Xavier Samuel tampil sebagai Riley, vampire baru yang memburu Bella Swan. Sebelumnya, David Slade sang sutradara sempat melirik Tom Felton (pemeran Draco Malfoy di Harry Potter) dan Channing Tatum (G.I. Joe) untuk memerankan karakter tersebut.

8. Taylor Lautner harus berhasil menaikkan hampir 13,6 kilogram bobot tubuhnya dengan mengkonsumsi 3200 kalori per hari demi perannya dalam film ini. Dengan proporsi tubuhnya, lebih digilai para remaja perempuan dibanding Robert Pattinson.

9. Model Miranda Kerr dan Vanessa Hudgens sempat diunggulkan untuk menjadi Leah Clearwater, salah satu anggota kelompok werewolf. Namun akhirnya, pilihannya jatuh ke bintang 'Jonah Hex', Julia Jones.

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sinopsis Charming Junkie 1

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Akhirnya.. sempet juga aku ngepost nih sinopsis. Ini komik bener-bener kocaak abiss!! Direkomendasikan banget buat dibaca! Kalian juga baca ya..

Charming Junkie 1

Judul Buku                  :           Charming Junkie 1
Pengarang                   :           Ryoko Fukuyama
Penerbit                       :           PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit                :           Agustus 2007
Tebal Buku                  :           180 halaman
Ringkasan                   :

            Naka cewek SMP dengan postur yang tinggi, ramping, dan berambut panjang. Secara fisik, cocok untuk jadi seorang model. Tapi kalau lagi grogi, wajahnya bisa berubah jadi 'penjahat'...! Alhasil, biarpun sudah mengikuti 19 kali audisi, Naka selalu gagal. Sampai tanpa sengaja, Naka memungut kartu berobat Umi, model cewek yang lagi populer, dan mengetahui 'rahasia besar' Umi...

Gimana? Penasran kan dengan ceritanya? Makanya, baca! Beli atau pinjem. Berantas buta aksara *jiaah* ! :P

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Wednesday, 2 October 2013

Hufflepuff menang House Cup ke 4

Assalamu'alaikum Wr. Wb.




Akhirnya, setelah para Puffs (sebutan untuk member Hufflepuff) berjuang keras.. Hufflepuff untuk pertama kalinya dalam sejarah Pottermore MENANG PIALA ASRAMA atau bahasa inggrisnya HOUSE CUP! Yee.. *plok plok plok*

Hufflepuff menang HC ke-4. Kalo pemenang HC sebelumnya aku lupa.. Tapi pokoknya satu-satunya asrama yang belum pernah menang HC itu.. cuma Ravenclaw. Gryffindor sama Slytherin udah. Gryffindor 2 kali menang malah :(

Hufflepuff itu udah langganan menduduki peringkat atas poin antar-asrama. Meskipun hal itu selalu terjadi sebelum HC. Nah pas HC, Hufflepuff malah perinbgkatnya turun. Aneh kan? Untuk itu para Puffs gencar banget bikin potion, duel, sama collect item yang belum pernah di collect.

Sebagai hadiahnya, Hufflepuff bisa ngakses Pottermore book 4, 24 jam lebih awal dari asrama lain. Meski cuma 24 jam, lumayan kan? :D

Intinya aku berharap, saat HC ke 5, Hufflepuff menang lagi. Amin..
Kamu juga! Kalau punya akun di Pottermore, sering-seringlah duel sama bikin potion. Soalnya bisa dapet banyak poin.

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sunday, 8 September 2013

J.K. Rowling Menulis Karena Cinta

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

J.K. Rowling terkenal sebagai penulis setelah Harry Potter diterbitkan. Tapi, sebenarnya, ia sudah mulai menulis sejak kecil. J.K. Rowling bahkan bercita-cita menjadi penulis sejak usia enam tahun.
Waktu itu, ia sudah menulis buku yang berjudul "Kelinci". "Aku biasa menulis di mana saja, kapan pun, dan dengan tangan," kata J.K. Rowling.
Jk Rowling
Di mana saja, kapan pun, Bu J.K. Rowling tidak pernah ketinggalan untuk menulis. Foto: wordpress
Sempat, lho, gara-gara kegemarannya menulis, ia diberhentikan dari pekerjaannya. Ceritanya begini: Ketika lulus dari universitas, J.K. Rowling bekerja sebagai sekretaris.
Tugas sekretaris itu, kan, mencatat hasil pembicaraan yang terjadi dalam rapat. J.K. Rowling malah tidak pernah mencatat dan asyik membuat cerita.
Tentu saja, ini membuat atasannya pusing. J.K. Rowling pun diberhentikan dari pekerjaannya. J.K. Rowling pernah ditanya, apa rahasia agar penulis muda bisa sukses seperti dirinya?
Ia memberi tips seperti ini: "Kuncinya menjadi penulis sukses hanya satu, ketekunan! Kalau kamu memilih menulis sebagai hobimu, maka cintailah hobimu itu dan bersungguh-sungguhlah menekuninya."
J.K. Rowling tak pernah bermaksud menuliskan cerita Harry Potter untuk anak-anak, tapi anak-anaklah yang memilihnya sebagai bacaan mereka.
Menurut J.K. Rowling, "Jika cerita yang kita tulis bagus, ia akan dibaca siapa saja." J.K. Rowling tak pernah berharap terkenal. Ia hanya berharap ceritanya bisa dicetak dan diterbitkan sebagai buku.
Cita-citanya adalah bisa melihat karyanya dipajang rapi di rak toko buku. Itu saja. Karena itu, ketika Harry Potter dicetak, ia girang sekali. (sumber : kidnesia)


Thank's for reading!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Saturday, 7 September 2013

Learn Japanese

Assalamu'alaikum Wr. Wb.




Hajimemashite. Watashi wa Ibra desu. Yoroshiku onegai shimasu. (jepang. arti= Apa kabar? Saya Ibra. Senang bertemu Anda.)

Alohaa! Jumpa lagi.. Ibra kemarin dah nulis tentang award pertama blog ini kan? Sekarang Ibra mau nulis tentang kegiatan baru Ibra.
Ibra sekarang, selain sibuk mempersiapkan diri buat UN 2014, Ibra sedang belajar....

JRENG JRENG JRENG!!

BAHASA JEPANG!

Iya, serius! Ibra sebenarnya udah dari kecil pengin bisa bahasa asing. Tapi Ibra sendiri waktu itu gak niat-niat banget. Naah, beberapa bulan yang lalu, Ibra nonton acara KickAndy.
Bintang tamunya, Gayatri W. - Duta ASEAN asal Maluku. Gayatri baru berumur 16 thn, tapi prestasinyaa... bejubel! Dia sering diundang jadi pembicara di forum-forum internasional, terus yang paling hebat, Gayatri telah menguasai 13 bahasa asing!
Diantaranya ada bahasa : Inggris, Jepang, Hindi Nepal, Arab, Spanyol, dan Mandarin. Woow.. di usianya yang masih muda, udah bisa 13 bahasa asing (tak hanya pengucapan, tapi juga tulisan). ckckck.
Ibra termotivasi banget. Apalagi, usia Ibra masih 14 tahun. Ibra harus lebih hebat dong. Kalau Gayatri bisa, kenapa Ibra gak bisa? Kalian juga harus bisa!

Naah.. pokoknya sejak saat itu Ibra niatin diri buat belajar bahasa asing. Bahasa pertama yang terlintas di benak Ibra buat dipelajari waktu itu adalah.. PERANCIS! Kenapa? Gak tau!!
Tapi pas baca buku pembelajaran bahasa Perancis Ibra langsung nyeraah. Ibra ngerasa bahasa Perancis susah dipelajari.
Habis tu, Ibra ganti bahasa Inggris. Ibra nyerah juga. Ibra pusing di bagian Present Tense, Past Tense.. Ibra gak mudeng. Akhirnya Ibra beralih ke bahasa Korea. Disini Ibra mulai niat.
Secara, Ibra suka nonton K-drama dan Ibra benci nonton K-drama yang pake subtitle. Merusak pemandangan (:P)! Ibra juga punya cita-cita nerbitin novel romance berlatar Korea.

Sampe sekarang sih.. Ibra udah lumayan menguasai beberapa kosakata dan percakapan sederhana. Kata favorit Ibra : Saranghae, Oppa, Yeoboseyo! Tapi berhubung kurangnya "fasilitas", terutama sejenis aplikasi pemeriksa grammar.. Ibra jadi beralih ke bahasa Jepang.

Naah, di bahasa Jepang inilah, Ibra benar-benar serius! Apalagi, "fasilitas"nya lumayan memadai. Ibra belajar secara otodidak.. lewat buku, e-book, internet, novel, komik, dll.
Pokoknya, doain aja ya biar Ibra cepet faseh berbahasa Jepang..


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Lomba Blog

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Lama tak update ni blog.. Ibra sibuk akhir-akhir ini. Sekarang, Ibra udah kelas 9, bentar lagi mau UN. Banyak persiapan yang mesti Ibra lakukan.
Oya, di kelas 9 ini, Ibra masuk kelas 9C! Dan kalau kalian mengunjungi blogku beberapa waktu yang lalu, kalian bakal lihat tampilan ni blog, beda banget.
Beberapa waltu yang lalu aku ikut LOMBA BLOG tingkat PELAJAR & UMUM! Temanya "Pekalongan Menuju Kota Kreatif Dunia". Jadi, Ibra ganti template Ibra dengan tema itu.
Artikel juga! Dan alhamdulillah, usaha Ibra membuahkan hasil yang lumayan.. Ibra dapet Juara III Kategori Pelajar. Horaay! Ibra dapet piala, piagam penghargaan sama uang tunai.
Uangnya Ibra pakai buat beli novel (hehe.. :P). Dan itu artinyaa... untuk pertama kalinya, blog INI mendapat award!! *Yip yip hura huraa.. Hura hura.. Uuu*.

Penyerahan hadiahnya di Ruang Amarta Pemkot Pekalongan. Di sana sekaligus diadakan Resepsi HUT RI yang ke-68. Waktu penerimaan hadiah Ibra ketemu bapak walikota Pekalongan (Pak Basyir Ahmad) beserta istri. Ibra juga ketemu beberapa pejabat kota.
Pas penyerahan hadiah, pak Basyir tanya sama Ibra : "Sekolah dimana?". Ibra jawab, "SMP 2,". Habis itu beliau ngucapin selamat dan mejabat tangan Ibra.

Ibra sendiri gak tau (atau mungkin lupa) Ibra pernah ketemu langsung pak Basyir atau tidak, tapi kayaknya belum pernah deh. Jadi bisa dibilang itu pertemuan langsung pertama Ibra dengan pak basyir.
Tapi katanya, Ibra pernah berobat di Pak Basyir (beliau dokter). Tapi kan itu bukan acara formal, jadi bisa dibilang.. apa yaah.. Gak tau, Ibra sendiri pusing.

Oke, sekian dulu ya cerita Ibra. Oh ya, kalau kalian baca Suara Merdeka tgl 22-8-2013, disana ada berita tentang lomba blog itu.
PS : habis ini Ibra mau bikin tab menu AWARD dan ibra mau berusaha agar blog ini dapet banyak award sehingga makin dikenal orang. Doain ya..

Ja mata ne! Domo arigato.. :))


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Friday, 30 August 2013

Menulis di Majalah Story

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sealiran dengan Anita Cemerlang–yang populer di era 80 sampai 90-an, Aneka Yess!, dan Annida–yang sekarang sudah mengubah konsep majalah menjadi media online, sejak tahun 2009 hadir majalah kumpulan cerpen yang memanjakan kreativitas para penulis fiksi, Majalah Story.
Sesuai dengan namanya, Majalah Story merupakan majalah yang berisi kumpulan cerita, mostly cerita pendek. Dan menjadi kekuatan eksistensinya, Majalah Story menerima kiriman cerita pendek dari siapa saja. You got that right, SIAPA SAJA.
Majalah Story diterbitkan pada tanggal 25 setiap bulannya. Dikomandani oleh Bunda Erin, Kang Taufan E.Prast, dan Mas Legis Dewanto, Majalah Story menjadi salah satu majalah kumpulan cerpen yang beredar di Indonesia untuk mendukung kreativitas para penulis dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi mereka mengirimkan karya.
Katagori cerita pendek yang diterima oleh Majalah Story terdiri dari science fiction, romantis, hii (horor/misteri), dari negeri seberang (cerpen berbahasa Inggris), dan fantasi. Ada juga rubrik cerpen khusus untuk anak sekolah dan guru. Selain cerpen, Story juga menerima kiriman cerbung (cerita bersambung), novelet, kissing (kisah singkat), puisi, dan fiksi mini.
Belakangan ini, ada juga rubrik-rubrik tambahan di Majalah Story, yaitu cerpen duet–yang bisa ditulis oleh dua orang–dan cerdak (cerita mendadak) yang diadakan secara online di Facebook group Story Teenlit Magazine (Official Group).
Kalau kamu mengirimkan cerpen ke Majalah Story, jangan terlalu berharap akan cepat dimuat yaa.. :-D Pasalnya, Majalah Story menerima kiriman cerpen lebih dari 100 naskah setiap harinya. Jadi, redaksi butuh waktu lama untuk membaca, memilah, dan menyunting naskah-naskah yang masuk dan layak muat.
Tapi jangan khawatir, jika naskah cerpen kamu layak muat, kamu akan mendapat konfirmasi dari Majalah Story, paling cepat 3 – 6 bulan setelah kamu mengirimkan naskah. Kalau sudah lebih dari setahun dan kamu belum mendapat konfirmasi pemuatan, mungkin naskah kamu ada kurangnya dan redaksi menganggap cerpen kamu belum layak muat. Sebaiknya kamu buat lagi cerpen baru, taati aturan yang diminta redaksi, jadi editor untuk diri sendiri, dan kirim lagi.. :-D Intinya adalah, jangan pantang menyerah..
Nah, kalau kamu tertarik untuk menulis di Majalah Story, jangan ragu-ragu, langsung saja kirim naskahmu! Persyaratannya cukup mudah kok :
1. Untuk Kategori “Fiksi Mini”
  • Tema REMAJA
  • Panjang fiksi mini tidak lebih dari 150 kata
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : FIKSI MINI
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
2. Untuk Kategori “Kissing”
  • Tema REMAJA
  • Panjang kissing maksimal 5.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 3-4 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : KISSING
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
3. Untuk Kategori “Cerpen”
  • Tema REMAJA
  • Panjang cerpen maksimal 13.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 8-10 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek sesuai genre cerpen yang dikirim (science fiction, romantis, hii, fantasi)
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
4. Untuk Kategori “Cerbung”
  • Tema REMAJA
  • Panjang cerbung 30.000 – 40.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 20-30 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : CERBUNG
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
5. Untuk Kategori “Novelet”
  • Tema REMAJA
  • Panjang novelet 30.000-35.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 20-25 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : NOVELET
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
6. Untuk Kategori “Cerpen Berbahasa Inggris / Cerita dari Negeri Seberang”
  • Tema REMAJA
  • Panjang cerita maksimal 6.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 4-5 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : NEGERI SEBERANG
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
7. Untuk Kategori “Cerpen Anak Sekolah”
  • Harus ditulis oleh ANAK SEKOLAH!
  • Tema REMAJA; setting dan peristiwa harus tentang sekolah, nama tokoh boleh disamarkan
  • Panjang cerita maksimal 6.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 4-5 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : CERPEN ANAK SEKOLAHAN
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
8. Untuk Kategori “Cerpen Guru”
  • Harus ditulis oleh GURU!
  • Tema REMAJA; setting dan peristiwa harus tentang sekolah, nama tokoh boleh disamarkan
  • Panjang cerita maksimal 6.000 karakter termasuk spasi, atau sekitar 4-5 halaman
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : CERPEN GURU
  • Cantumkan profil dan nomor telepon di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
9. Untuk Kategori “PUISI”
  • Tema REMAJA
  • Naskah diketik di kertas A4, spasi rangkap (spasi 2)
  • Gunakan font Times New Roman 12
  • Kirim karyamu ke story_magazine@yahoo.com dengan subjek : PUISI
  • Cantumkan profil dan nomor telepon (serta alamat sekolah kalau kamu masih sekolah) di halaman terakhir naskah (jangan dipisah)
  • Lampirkan foto terbarumu yang paling keren
Setiap karya yang dimuat akan mendapat honorarium pemuatan atau merchandise dari Majalah Story. Besar honorarium pemuatan di Majalah Story sebesar Rp 250.000,00. Lumayan kaan? :-D
***
Nah kan.. Sarana untuk mengirimkan tulisan sudah ada. Tunggu apa lagi? Yuk, nulis sekarang juga! :)


Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Monday, 8 July 2013

Batik Cap

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Peralatan yang digunakan untuk membatik cap :

a. Canting cap
Konstruksi canting cap :

Keterangan :
1. Permukaan/penampang canting cap (tembaga)
2. Penahan permukaan canting cap
3. Konstruksi penguat (besi)
4. Gagang canting cap
5. Kayu pegangan canting cap

b. Kompor/pemanas
c. Ender wajan yang berbentuk datar/ceper
d. Meja cap

Terdiri dari :
1. Plastik kaca yang selalu dibasahi dengan air
2. Busa yang di basahi dengan air
3. Meja dari kayu


Cara kerja membatik cap :
a. Siapkan bahan dan alat
b. Lelehkan malam dalam ender dengn kompor
c. Setelah meleleh, masukkan beberapa lembar kain diatas malam yang berfungsi sebagai bantalan
d. Letakkan canting cap diatas bantalan
e. Angkat canting (canting telah terolesi malam)
f. Lalu stempelkan pada kain

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sunday, 7 July 2013

Kampoeng Batik Pesindon

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Kampung Pesindon ini adalah sebuah Perdukuhan yang wilayahnya berada di Kelurahan Kergon. Melalui kerjasama antara masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Pecinta Batik Pesindon dan Pemkot Pekalongan lahirlah Kampoeng Wisata Batik Pesindon yang tidak hanya menyediakan beragam jenis batik namun juga memotret langsung ke jantung produksi. Pengunjung juga bisa menyaksikan bagaimana batik dicipta. Penciptaan batik akan bisa mendapatkan benefit lebih. Bukan hanya batik dengan kualitas karya seni tinggi namun juga pendidikan membatik dan pengetahuan sosio kultural pembatik Pekalongan.
Saat memasuki Kampoeng batik, para pembatik sudah akan disambut oleh Gapura Selamat Datang dan denah lokasi sebagai simbol penyembutan dan kesiapan warga Pesindon untuk memberikan yang terbaik. Ada empat unit  gapura dan lima mulut gang untuk menuju ke Kampoeng Pesindon.
Selain itu, di setiap gang yang mengarah ke salah satu pengrajin batik juga diberikan tanda petunjuk arah nama-nama dari pengrajin batik di kampung pesindon ini. Jadi bagi Anda yang sudah mempunyai langganan batik dari kampung batik pesindon, jika melewati pekalongan bisa mampir ke kampung batik ini, karena tempatnya terlewati oleh jalur pantura.
Sebanyak 33 showroom dan produsen batik akan memanjakan pengunjung. Tiap showroom akan dilengkapi dengan tempat istirahat dan singgah bagi para tamu yang menjamin kenyamanan dibandingkan belanja di toko pada umumnya.Pengunjung juga bisa langsung menuju ke rumah-rumah produksi batik bahkan langsung ke dapur produksi.
Di kampung Batik juga dilengkapi Kantor Sekretariat, tele center atau sarana internet yang tidak hanya difungsikan sebagai pusat promosi dan komunikasi warga namun juga media untuk memudahkan transaksi hingga ke manca negara, tempat ibadah, area parkir, dan becak batik sebagai sarana transportasi bagi pengunjung yang ingin jalan-jalan menikmati suasana Kampoeng Pesindon. sumber

Thank's for reading and, bye for now! :D
Wassalamu'alaikum Wr. Wb