Wednesday, 29 February 2012

Sushi


Description:
Yummy ini dari jepang

Ingredients:
Bahan untuk nasi sushi:
- 350 gram beras cuci bersih
- 1 genggam beras ketan
- 600 ml air

Penyedap rasa untuk nasi:
Untuk setiap nasi dengan berat 350 gram (cukup untuk 1 gulung sushi), anda membutuhkan takaran bahan penyedap seperti di bawah:
- 1/2 sendok makan rice vinegar
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan isi (untuk 2 gulung sushi):
- 1 buat ketimun potong ukuran 1 x 5 cm
- 1 buah wortel, potong ukuran 1 x 5 cm
- 2 buah jamur, iris
- 1 buah telur ayam kocok plus 1/4 sendok teh garam, dadar
- 5 lembar daging asap, goreng matang
- 2 sendok makan kecap asin, untuk bahan perendam

Pelengkap:
- Wasabi
- Soy sauce atau kecap asin

Directions:
Siapkan sayur yang akan kita pergunakan. Potong-potong memanjang ketimun dan wortel dengan ukuran kira-kira 1 x 5 cm. Biarkan ketimun dalam kondisi segar. Rebus sebentar wortel dan jamur, hanya agar layu. Masukkan terlebih dahulu wortel baru kemudian jamur, angkat jika jamur mulai layu. Tiriskan wortel dan jamur. Letakkan di mangkuk dan tuangkan 2 sendok makan kecap asin. Aduk rata. Sisihkan.


Panaskan wajan, goreng daging asap hingga kering, angkat dan tiriskan, serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Dadar telur dengan minyak sedikit, jika bagian dasar mulai mengeras sementara bagian atas masih cair, lipat dadar menggunakan ujung spatula kayu, lipat sebanyak dua kali sehinga telur agak tebal seperti gambar diatas, masak hingga telur dadar matang. Tiriskan. Potong-potong telur dan daging asap memanjang seukuran sayuran.Cuci beras bersama 1 genggam beras ketan hingga bersih, tiriskan. Masukkan beras ke dalam rice cooker, beri air dan masak hingga nasi matang.

Dalam mangkuk kecil, tuang rice vinegar/cuka beras, gula dan garam, aduk-aduk hingga larut. Sisihkan.

Ambil kira-kira 350 gram nasi dalam kondisi masih panas ya, masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan rice vinegar sambil nasi di aduk dengan pengaduk kayu atau plastik. Aduk nasi hingga campuran merata dan nasi menjadi agak lembab dan lembek serta menempel satu sama lain. Susah untuk dijelaskan dan saya lupa foto, yang jelas nasi agak menggumpal tetapi tidak terlalu basah. Kipas-kipas nasi selama diaduk agar uap air hilang.

Semua bahan telah siap, sekarang kita akan bungkus sushi dengan nori atau rumput laut.

Siapkan sushi mat atau anyaman bambu untuk membungkus sushi. Sushi mat bisa di beli di supermarket bahan makanan Jepang atau toko bahan makanan Jepang dan Korea. Anda juga bisa menggunakan kain serbet bersih untuk menggulung sushi atau tatakan piring untuk meja makan yang terbuat dari anyaman bambu atau lidi.

Letakkan sushi mat diatas meja, beri selembar nori diatasnya. Letakkan dua gumpalan nasi sushi di salah satu ujung nori, ratakan dengan sendok yang dibasahi air atau jari-jari tangan yang dicelupkan ke air agar tidak lengket. Jangan sekaligus menaruh banyak nasi ke nori ya karena jika nori terkena nasi panas menjadi sulit diatur. Tambahkan gumpalan nasi kembali ke atas nori dan ratakan sehingga nasi memenuhi permukaan nori.

Taruh irisan sayur, telur dan daging asap diatas nasi, rapikan.

Gulung sushi dengan menekuk sushi mat, gunakan dua buah ibu jari untuk mendorong sushi mat dari bawah sementara jari-jari tangan anda yang lain menahan isi sehingga tidak berhamburan dan tergulung bersama nasi. Sementara telapak tangan mendorong sushi mat menjauhi badan anda sehingga sushi mat membentuk satu gulungan. Tekan nasi selama menggulung agar sushi padat.

Potong-potong sushi dengan ukuran 1 1/2 cm. Lakukan hingga bahan habis.

Sushi umumnya disajikan dengan dicelupkan kedalam soy sauce atau kecap asin dan wasabi. Jika wasabi yang anda gunakan berbentuk bubuk seperti gambar diatas maka larutkan 1 sendok makan wasabi dengan 1/2 sendok makan air matang dan aduk rata hingga menjadi pasta. Sushi siap dihidangkan dengan soy sauce dan wasabi. Enjoy!

sumber : http://valeriediary.multiply.com/recipes/item/4/Sushi

No comments: