Monday, 19 December 2011

Mengapa Bahasa Bisa Berbeda?


bahasa

Bahasa berkembang hingga akhirnya muncul berbagai macam ragam bahasa. Foto: dreamstime

Bahasa memang beragam. Setiap negara pasti punya bahasa masing-masing. Di awal sejarah, kemungkinan besar semua manusia hanya menggunakan satu bahasa. Karena waktu pun berkembang, bahasa yang digunakan pun menyebar dan berubah.

Awalnya, bahasa induk itu hanya digunakan dalam kelompok kecil. Secara perlahan kelompok ini kemudian menyebar bergabung dengan kelompok lain. Mulai dari sanalah, muncul istilah atau kata-kata baru yang digunakan antar kelompok itu. Orang-orang pun mulai mengatakan hal yang sedikit berbeda dan terjadi perubahan dalam bunyi dan kata-kata.

Beberapa kata yang sudah lama tidak digunakan di tempat lama pun akhirnya dibuang. Perubahan dimulai dari bunyi, suku kata, hingga akhirnya menjadi sebuah bahasa baru.

Dengan cara demikian, bahasa-bahasa Spanyol, Perancis, dan Portugis telah berkembang dari bahasa Latin; dan bahasa Inggris, Norwegia, Swedia, Denmark dan Belanda berasal dari bentuk awal bahasa Jerman. Bahasa nenek moyang, bersama-sama dengan semua bahasa yang berkembang dari bahasa itu, dinamakan 'rumpun' bahasa. (Kidnesia/Aku Ingin Tahu Jilid 1)

No comments: